Seberapa dalam kamu mengenal Islam ???

blog informasi tentang hal-hal yang unik sekitar Islam

Blogger Templates by Blogcrowds

Sudahkah Anda Memakai Sandal di Dalam Rumah ?

Senin, 18 Mei 2009

Mungkin sudah banyak di antara sahabat-sahabat yang mengetahui betapa bermanfaatnya memakai sandal di dalam rumah, dan saya tidak menampik bahwa tidak sedikit pula di antara sahabat semua yang tidak mengetahui betapa bermanfaatnya memakai sandal di dalam rumah.
Dengan beberapa alasan tertentu orang berpendapat tentang memakai sandal di dalam rumah di antaranya adalah untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti rematik, struk dan gagal ginjal yang di akibatkan oleh dinginnya ubin lantai yang menyentuh telapak kaki.
ada juga orang yang berpendapat bahwa memakai sandal di dalam rumah itu tidak perlu karena akan membuat kotor ubin lantai. suatu alasan yang memang logis tapi jika kita melihat manfaat yang lebih yang akan kita dapatkan mengapa kita harus ambil resiko ???
satu lagi manfaat yang akan kita dapatkan jika kita memakai sandal di dalam rumah adalah menjaga ke syah an shalat kita. kenapa ?
seperti biasa, mari kita analisis permasalahan !
salah satu syarat sah shalat adalah terbebas dari hadas kecil dan hadas besar caranya adalah dengan berwudhu dan mandi junub atau mandi besar. kita menyorot menghilangkan hadas kecil yaitu dengan berwudhu.
satu syarat lagi yaitu shalat sah jika kita tidak membawa najis ketika hendak shalat atau dengan kata lain, shalat kita tidak sah apabila di badan kita masih terdapat najis.
kedua syarat ini saling berhubungan tentunya. jika kita perhatikan, setelah kita berwudhu untuk mengerjakan shalat pastilah kaki kita basah dan rata rata jarak antara tempat wudhu dan tempat shalat cukup jauh dan melewati beberapa ruangan. pertanyaannya adalah : apakah lantai ruangan yang kita injak bersih dari najis atau tidak ? karena ada beberapa jenis najis yang tidak terlihat oleh mata seperti air kencing dan bekas kotorang yang belum di bersihkan. jika saja lantai yang kita injak masih terdapat najis maka secara otomatis najis tersebut menempel di kaki kita dan terbawa dalam shalat yang dapat menyebabkan shalat kita tidak sah. oleh karena itu, memakai sandal di dalam rumah sangatlah penting bagi kita sebagai umat islam karena jika shalat kita tidak sah maka kita terhitung tidak melaksanakan shalat.
saran saya adalah persiapkan dua pasang sandal untuk masing-masing anggota keluarga yang di gunakan untuk di dalam dan di luar rumah. dengan itu lantai yang terdapat di dalam rumah tidak menjadi kotor karena sandal yang di pakai di dalam rumah tidak di pakai diluar yang dapat menyebabkan lantai menjadi kotor.
sekian dan terima kasih

leave a comment for this post, ok !!!

7 komentar:

  1. Ociem mengatakan...

    Wah artikel yang bagus nieh, gak nyangka ya ternyata sendal sendal selain banyak manfaatnya ternayata banyak bikin masalah...hehehe Kidding mbak, yuk Mbak terus ngeblog.

    25 Mei 2009 pukul 05.26  

  2. Zakka mengatakan...

    mentang mentang gambarnya sandal pink jadi di bilang mbak segala, saya cwo massss !!!

    26 Mei 2009 pukul 22.41  

  3. Ani mengatakan...

    Artikel yang bagus, thanks ulasan ttg ini.

    6 Juni 2009 pukul 18.45  

  4. SI JEPIT mengatakan...

    jiahahahahahahahahaa
    salam kenal mas,mbak pak,buk om,tante pakde,budhe

    9 Juni 2009 pukul 00.22  

  5. anggaarie mengatakan...

    wah ulasannya bagus..wah besok harus pake sendal neh kalo habis wudlu

    10 Juni 2009 pukul 15.00  

  6. Yusno mengatakan...

    gak nyangka memakai sandal bisa sepenting itu.

    10 Juni 2009 pukul 17.43  

  7. Unknown mengatakan...

    Untung aku pake sendal klo di rumah...

    14 Juni 2009 pukul 19.26  

Posting Komentar