Seberapa dalam kamu mengenal Islam ???

blog informasi tentang hal-hal yang unik sekitar Islam

Blogger Templates by Blogcrowds

Hati hati ketika shalat dengan menggunakan celana panjang

Minggu, 08 November 2009

Umat islam begitu berpariatif dalam bidang keyakinan tentang fiqih salah satunya tentang pelaksanaan dalam ibadah shalat baik itu syarat atau pun rukun. Pada posting kali ini saya akan menyinggung masalah tentang pakaian yang di kenakan pada saat melasakan shalat. salah satu syarat sah shalat adalah menutup aurat dan untuk laki-laki harus menutup mulai dari lutut sampai pusar. Banyak orang-orang yang berpendapat soal ini dan lebih rinci saya akan menyinggung masalah “apa yang di pakai untuk menutupi aurat pada saat shalat”. Tuntutan jaman membuat orang-orang harus menemukan jalan termudah bagi pelaksanaan suatu kegiatan. Banyak dari umat Islam pada saat ini menggunakan celana panjang pada saat melaksakan ibadah shalat, ini bukan merupakan hal yang dilarang karena sudah memenuhi syarat shalat itu sendiri. Yang jadi masalah adalah jenis dan cara pemakai celana pada saat melakukan gerakan shalat.

Jika kita perhatikan di mesjid-mesjid sekitar kita. Kita sering melihat orang yang shalat ketika dia melakukan gerakan sujud sering terlihat bagian belakangnya, padahal daerah kulit itu masih merupakan bagian aurat yang harus ditutupi. Logikanya adalah jika aurat pada saat sujud tidak di tutupi segera makan sujudnya tidak sah, ketika sujudnya tidak sah berarti ada satu rukun yang hilang dan itu membuat shalat kita batal, jika shalatnya batal dia tidak di hitung melakukan ibadah shalat.

Saran saya adalah sebaiknya memakai celana dan baju yang kira-kira jika kita pakai pada saat melakukan gerakan shalat tidak membuat aurat kita terlihat atau kalau bisa kita membawa sarung di tas kita jika hendak bepergian, mungkin kita akan merasa risih atau menambah berat tas kita. Tapi kita harus berpikir sekali lagi kapan lagi kita memuliakan agama kita jika untuk shalat saja kita tidak bersaha dengan baik dan jika kita memuliakan agama kita Insya Alloh akan memuliakan kita.

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bagi anda yang ingin menyampaikan kritik dan saran langsung saja ketik di kolom komentar, saya sangat menunggu saan dan kritiknya

Jazakalloh……

0 komentar:

Posting Komentar