Seberapa dalam kamu mengenal Islam ???

blog informasi tentang hal-hal yang unik sekitar Islam

Blogger Templates by Blogcrowds

Terus belajar sampai akhir hayat

Selasa, 16 Juni 2009

Pada suatu sore yang cerah tanpa hujan seperti biasanya saya keluar dari lab, waktu menunjukkan pukul setengah empat sore saatnya shalat ashar. Saya berjalan meninggalkan bangunan laboratorium menuju ke mesjidda tempatnya memang agak jauh. saya ingat hari ini hari rabu, biasanya di hari rabu ada acara OASIS ( kayak metoring gitu ) yang di adakan oleh anak-anak UKM di kampus bertempat di madrasah tepat di Bawah mesjid kampus (bentuk mesjidnya agak bedadari biasanya karena letak tanah sejajar dengan lantai dua bangunan ) dan biasanya saya jarang mengikuti acara itu tapi kali ini saya ingin sekali untuk mengikutinya karena sudah lama saya tidak ikutan acara-acara mentoring seperti itu. Tiba di mesjid ternyata acara belum di mulai meskipun waktu shalat ashar telah lama berlalu dan waktu menunjukkan pukul empat. Saya langsung mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat ashar. Karena saya shalat agak kesiangan, saya tidak menemukan ada orang orang yang shalat berjamaah hanya ada orang-orang yang sedag beristirahat saja jadinya saya shalat mufarid saja.

Shalat ashar pun telah selesai saya laksanakan, ketika berdiri saya melihat ke lantai tiga dan melihat seorang bapak yang sedang berbicara seperti sedang mengajar dan dibelakangnya saya lihat ada whiteboard yang bertuliskan hurup arab. Saya penasaran apa yang sedang bapak itu lakukan ? saya pun berjalan menuju lantai ketiga. Sampai dilantai tiga saya terpaku melihat whiteboard karena mencoba membaca dan memahami apa yang ditulis di papan itu, tiba-tiba bapak itu bertanya : “ada apa de ? “ saya hanya menggelengkan kepala dan berjalan agak menjauh darinya. Saya memperhatikannya dari jauh di dekatnya ada beberapa bapak-bapak yang sedang duduk bersila dan menulis apa yang dituis di whiteboard. Setelah mendengarkan dan membaca tulisan di whiteboard dari kejauhan saya pun mengerti ternyata mereka sedang mempelajari ilmu nahwu dan sharaf, saya penasaran bagaimana cara belajar dan apa yang di pelajari oleh bapak-bapak itu lalusaya pun mendekat dan berkata :

“Maaf Pak, apakah saya boleh ikut belajar ?”

“Boleh, silakan saja !”

“ya, duduk disini saja de !” sahut salah satu bapak yang duduk bersila sambil menunjukkan tempat di sampingnya

Saya pun duduk ikut belajar di sore itu. Hal ini sangat mengagumkan bagi saya karena meskipun bapak-bapak ini sudah tidak muda lagi, mereka tetap semangat untuk mencari ilmu. Sebenarnya saya sudah sangat sering melihat bapak-bapak yang sedang belajar mengaji tapi kebanyakan dari mereka hanya mendengarkan seorang ustad yang sedang berdakwah atau membaca Al-Qur’an secara bersama-sama. Sedangkan bapak-bapak ini mempelajari ilmu nahwu dan sharaf, ilmu yang tidak mudah di pelajari oleh bapak bapak ini yang sudah tidak muda lagi dan kadang-kadang anak muda pun tidak mudah untuk mempelajarinya, mungkin saja di benak mereka tidak terpikir apakah mereka akan bisa atau tidak tetapi yang penting mereka mendapat pahala dari hal tersebut. Dengan sedikit candaan khas orang tua mereka mewarnai proses belajar sore itu dan penerangan yang mudah di mengerti yang di sampaikan oleh bapak di depan semakin memudahkan proses untuk memahami materi dasar berbahasa arab tersebut. Ini sesuatu yang luar biasa mungkin saja mereka adalah bagian dari orang-orang yang mengerti dan mengamalkan mencari ilmu sampai ke liang lahat.

Setelah proses belajar sore itu selesai, saya memberanikan diri untuk sedikit bertanya-tanya kepada mereka. salah satunya adalah mereka berasal dari mana ? dan salah seorang dari mereka menjawab bahwa mereka adalah dosen yang mengajar di kampus ini. Saya tidak mengenal mereka karena mereka mengajar di jurusan lain.

Saya berdo’a supaya dimana pun dan kapan pun saya senantiasa menjadi orang yang haus ilmu, mencari ilmu bukan hanya untuk bisa memahami itu tetapi mendapatkan hal yang sangat penting yakni ridho dan magfiroh dari Alloh subhanahu wata’ala amin..........

Di tunggu komen nya dari pembaca artikel ini............

Wassalam.............

Apakah telur yang anda goreng halal ?

Minggu, 14 Juni 2009
Jika sahabat melihat dari judul posting ini , pasti sahabat kaget dan bertanya- tanya. "wah ada apa ini ?". tenang........!!! sahabat jangan dulu berpikir yang aneh aneh !
terkadang masyarakat sering teledor dengan hal-hal yang kecil termasuk dalam mengolah telur. dalam kebiasaan masyarakat mengolah telur ada suatu hal yang sering dilupakan bahkan mungkin tidak tahu sama sekali. apa yang sering terlewatkan tersebut ?
sekarang mari mkita telaah apa yang kurang atau salah dalam mengolah telur. Sekarang kita akan menelaah salah satu cara mengolah telur yaitu "menggoreng telur mata sapi"
di bawah ini perjalanan telur sampai di atas piring :
-telur keluar dari ***tat ayam
-dikumpulkan dan di bawa ke pasar
-dibeli oleh orang
-dibawa oleh orang itu untuk di goreng
-menyalakan kompor
-memecahkan telur dan menggorengnya
-mateng dan letakan di piring
apakah sekarang sahabat sudah mengetahui bahwa ada yang kurang disini ?
mmm............ mungkin diantara sahabat ada yang sudah tahu tapi kayaknya masih banyak yang belum tahu. ada satu hal yang sering terlewatkan dalam hal mengolah telur yaitu mencuci telur yang akan diolah. kenapa harus di cuci ? karena kita tidak bisa secara pasti mengetahui apakah ada serpihan cangkang /kulit telur yang jatuh pada saat kita memecahkan telur atau tidak. Jika saja ada serpihan telur yang masuk ke bagian telur yang diolah maka telur itu dihukumi najis karena zat yang ada pada telur tidak bisa di pakai untuk mensucikan dari najis, dan jika kita memakan barang yang najis sudah tentulah hukumnya haram. oleh karena, untuk menjaga agar kita tetap memakan telur yang halal maka sebaiknya kita mencuci telur tersebut sebelum diolah
terima kasih atas atensinya, yang setuju atau tidak, langsung saja komen ya !!

Apa tujuan dari hidupmu ?

Sabtu, 06 Juni 2009
Semua orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, ada yang ingin kaya, punya rumah besar, bahagia, membahagiakan orang tuanya, punya banyak anak dan lain lain.
pada suatu hari saya pernah dimarahi oleh paman saya karena beberapa masalah yang terjadi sebelumnya, beliau terus dan terus mengeluarkan kata demi kata sampai pada suatu paragraf seperti ini:
"saya berbeda tujuan hidup denganmu, sekarang kamu terus dan terus berkonsentrasi untuk mengejar karir, dari pagi sampai sore terus sibuk dengan urusan dunia. sedangkan yang saya inginkan hanya lah nanti setelah saya meninggalkan dunia ini saya ingin ada orang yang mengirimkan
(membacakan) surat Al fatihah dan itu lah tujuan ku"
arti dari paragraf itu adalah beliau menganggap saya terus saja mengejar dunia karena jadwal kuliah yang sangat padat dan tugas yang sangat menumpuk dan beliau mendedikasikan hidupnya hanya untuk beribadah dengan jalan mengajarkan orang-orang agar bisa mengaji dan mendo'akan orang lain, tidak sedikit orang yang tidak bisa mendoakan orang tua atau sodaranya dan bahkan banyak yang meminta di do'akan kepada pemuka agama (ustad). beliau ingin setelah beliau wafat nanti banyak orang yang mendo'akannya termasuk orang-orang yang telah belajar pada beliau.
setelah mendengarkan kata kata itu saya sedikit merenung, ternyata benar juga meskipun kita berusaha dengan keras dan mendapatkan harta yang banyak, harta itu akan kita tinggalkan dan hanyalah amal dan do'a dari kerabat-kerabat yang bisa kita harapkan disana. saya berpikir mulai dari saat itu saya ingin beramal, berdakwah dan men-share apa yang saya miliki dan salah satunya dengan membuat blog ini dan saya berharap semoga blog ini dapat bermanfaat......amin dan yang paling saya inginkan adalah memiliki murid pengajian sendiri........
perlu diketahui salah satu ciri ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang terus-menerus diajarkan dan di amalkan. jika kita mengajarkan membaca surat Al fatihah kepada seorang anak maka Insya Alloh kita akan mendapatkan pahala dari setiap anak itu membaca surat Al fatihah.

atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
keritik dan sarannya di tunggu untuk dapat terus memotivasi ke arah yang lebih baik..........