Seberapa dalam kamu mengenal Islam ???

blog informasi tentang hal-hal yang unik sekitar Islam

Blogger Templates by Blogcrowds

TANDA-TANDA BALIG

Senin, 27 April 2009
Tanda-tanda balig (dewasa) ada tiga :

1. Genap usia lima belas tahun bagi laki-laki dan perempuan.
Bagi laki-laki dan perempuan yang sudah menginjak usia 15 tahun terhitung sudah balig bagaimana pun alasannya atau dengan kata lain meskipun laki-laki atau perempuan tersebut masih terlihat seperti anak kecil dia tetap sudah balig dan sudah bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.
2. Mimpi keluar sperma (mani) bagi laki-laki dan perempuan bila sudah berusia sembilan tahun.
Keluarnya sperma atau ovum (mani) merupakan ciri yang sangat menonjol membuktikan bahwa seseorang telah mencapai kedewasaan. Keluarnya mani ini sendiri menurut para ulama antara usia 9 sampai 15 tahun oleh karena itu, si anak harus sudah belajar bagaimana cara mandi wajib yang benar dan sah ketika telah mencapai usia 9 tahun.
3. Keluarnya darah haid bagi perempuan bila sudah berusia sembilan tahun
Menrut ahli biologi Haid adalah keluarnya sel telur pada seorang perempuan karena tidak mengalami pembuahan di barengi dengan cairan sel darah.
Seorang perempuan bisa mengalami haid ketika sudah menginjak usia 9 tahun
Paling cepat haid terjadi satu hari satu malam, rata-rata 7 hari 7 malam dan yang paling lama adalah 15 hari 15 malam lebih dari itu berarti itu bukan haid melainkan istihadoh atau darah penyakit dan setelah masa haid berakhir, perempuan itu harus mandi wajib untuk menghilangkan kejunubannya.

0 komentar:

Posting Komentar